My Blog List

04 April 2012

Menyiapkan Koneksi PHP dengan SQL server-non ODBC

Banyak dari kita yang beranggapan bahwa pasangan yang paling cocok PHP adalah mySQL sebagai DBMS nya. Tetapi menurut saya tidak demikian.. Apapaun DBMS nya, bisa serasi dengan PHP. Kali ini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana cara koneksi antara PHP dengan DBMS MSSQLServer terkadang kadang teman-teman sering agak bingung dengan koneksi PHP dengan DBMS MSSQL Server. Atas dasar itulah, tidak ada salahnya kalau dalam tulisan kali ini saya ulas bagaimana cara melakukanya, meski teman-teman mungkin bisa browsing ke tempat-tempat yang lain. Dalam hal ini, saya gunakan xampp sebagai sarana uji coba. Bundled PHP yang lain seperti PHP triad pun tidak ada masalah untuk membuat koneksi.
Adapun racikannya adalah sebagai berikut :

1. copykan file php_sql_srv.dll dan php_sqlsrv_ts.dll ke folder xampp/php/ext (file bisa teman-teman download dari link download di blog ini.
2. Buka file php.ini yang ada di folder xampp/php
3. Copy script di bawah ini ke file php.ini di baris extention
extension=php_sqlsrv_ts.dll
[sqlsrv]
sqlsrv.LogSubsystems=-1
sqlsrv.LogSeverity=-1
sqlsrv.warningsReturnAsErrors=0
4. Langkah terakhir, lakukan restart web service apache anda melalui xampp control panel
5. Jika sudah berhasil, lakukan ujicoba dengan membuka web browser. di URL dengan alamat http://Localhost
Pilih phpinfo, jika tampak modul SQL seperti gambar dibawah, maka teman-teman sudah berhasil menyiapkan koneksi PHP dengan SQL Server. Insyaalloh dibagian berikutnya akan saya bahas contoh koneksi PHP dan SQL Server

No comments: